5 Sofware Untuk Memperbaiki File Rusak atau Corrupt di Windows file recovery

5 Sofware Untuk Memperbaiki File Rusak atau Corrupt di Windows

File komputer hanyalah kumpulan data yang diatur sedemikian rupa sehingga program dapat membuka dan membacanya. Jika beberapa bagian data dalam file tidak teratur atau hilang, file itu sendiri menjadi tidak dapat dibaca, yaitu rusak atau corrupt.

File dapat rusak dikarenakan beberapa hal: terkadang bisa karena program dengan bug; di sisi lain sebuah program harus menjaga file tetap terbuka saat sedang digunakan, dan jika program crash, file dapat menjadi rusak. Virus juga bisa menjadi pemicu kerusakan file.

Sayangnya, memperbaiki file yang rusak atau corrupt itu sulit. Peluang keberhasilan tergantung pada seberapa fleksibel format file, berapa banyak data yang hilang atau rusak, dan seberapa pintar software recovery.

Jika satu atau lebih file di hard drive Anda rusak, coba perbaiki dengan salah satu dari 5 program ini untuk memperbaiki file yang rusak .

1. Toolbox Repair

Utility software ini berisi 22 program recovery, masing-masing dirancang untuk memperbaiki jenis file yang berbeda. Sebenarnya ini dilematis, sangat merepotkan jika Anda menginstal semua aplikasi recovery, berguna jika Anda hanya membutuhkan perbaikan file dengan jenis yang berbeda.

Semua utilitas bekerja dengan cara yang sama: arahkan aplikasi ke file yang rusak, berikan nama untuk file yang diperbaiki dan klik Perbaiki. Format yang didukung termasuk Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneNote, PDF, ZIP, RAR, Illustrator, Photoshop, dan banyak lagi.

Sayangnya  Toolbox Repair ini tidak sepenuhnya gratis: versi demo dari setiap utilitas memiliki beberapa batasan yang hanya dapat dihilangkan dengan membelinya.

2. Hetman File Recovery

Terlepas dari namanya, ini bukan program perbaikan file generik, tetapi berfokus pada pemulihan file gambar yang rusak. Perlu dicatat bahwa itu tidak sama dengan memulihkan foto atau dihapus dari perangkat yang rusak. Jika Anda tidak dapat membuka gambar, coba gunakan utilitas ini.

Perbaikan File Hetman dapat memperbaiki file JPEG yang rusak (tanpa mengorbankan kualitas gambar atau data EXIF), file TIFF (baik yang dikompresi dan tidak dikompresi), serta BMP dan PNG (tanpa mengompresi ulang data gambar). Sangat menarik adalah wizard yang membantu Anda langkah demi langkah, dalam proses perbaikan gambar.

3. Digital Video Recovery

Ini adalah software utility gratis yang dapat memperbaiki film MP4, MOV dan AVI, selama film tersebut dikodekan dalam format Xvid, DivX, MPEG4, 3ivx atau Angel Potion. Ingatlah bahwa jika bingkai hilang dalam file video, program tidak dapat secara ajaib menghasilkannya. Apa yang dilakukannya adalah memperbaiki file sehingga tidak menyentak, menunjukkan artefak, atau merusak pemutar.

4. Toolkit Recovery File Stellar

Ini adalah kumpulan dari empat utilitas, masing-masing khusus dalam memperbaiki jenis file yang berbeda: dokumen Word, lembar Excel, presentasi PowerPoint dan arsip Zip. Keunikan dari kumpulan aplikasi Stellar ini adalah ia mampu bertindak bahkan pada file yang dilindungi kata sandi.

5.  File System Scanning Windows

Bagaimana jika file yang rusak atau corrupt adalah salah satu file sistem Windows? Obatnya ditawarkan oleh Microsoft sendiri melalui utilitas yang dibangun ke dalam sistem operasi: File System Scanning.

Untuk menggunakannya, buka bidang pencarian di menu Start atau CTR+R, ketik CMD dan dari jendela yang terbuka, ketik perintah sfc/scannow .

Pada titik ini, tunggu 15 hingga 60 menit dan utilitas akan melakukan pemindaian penuh terhadap sistem operasi, dan memperbaiki  file yang rusak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *